8 Teknik Terbaik Lionel Messi


Sabtu, 11 Januari 2014

 

Teknik hebat merupakan salah satu alasan kenapa Lionel Messi bisa sampai memenangi empat trofi individu bergengsi Ballon d'Or secara beruntun dari edisi 2009.

Bintang Barcelona dan Argentina itu memang termasuk top untuk urusan teknik olah bola.

Dari sekian teknik dalam diri Messi, ada delapan yang bisa dibilang sebagai yang terbaik.


Mari kita bahas satu per satu.

1. Through Ball

Through Ball


Messi memiliki visi bagus untuk melepas through ball atau operan terobosan guna membuat rekan-rekannya dapat dengan leluasa menusuk ke wilayah berbahaya lawan.

Di La Liga musim lalu, Messi membukukan 13 through balls akurat dari total 55 dalam 32 laga. Rasionya adalah 0,4 accurate through balls per game. Di Liga Champions, dia menghasilkan 6 through balls akurat dari 14 percobaan.

Di Liga Champions musim ini, sebelum absen lama akibat cedera, Messi sudah mencatatkan 3 through balls akurat dari 6 percobaan dengan rasio 1 per game

2. Direct Free Kick

Direct Free Kick

Tak banyak pemain yang memiliki kemampuan untuk mengeksekusi direct free kick atau tendangan bebas langsung yang sukses bersarang di gawang lawan. Messi termasuk yang sedikit itu.

Dengan kaki kiri ajaibnya, Messi sanggup menghasilkan tendangan bebas yang melengkung tajam, melewati pagar hidup, dan menaklukkan benteng terakhir di bawah mistar.

3. Key Pass

Key Pass

Messi adalah tipe pemain yang sanggup membuat para pemain bertahan lawan tidak nyaman sepanjang pertandingan. Jika dibiarkan, dia bisa mencetak gol dengan mudah. Kalau gerakannya coba ditutup, dia bisa mengirim key pass atau operan matang untuk rekan-rekannya.

Di La Liga musim lalu, 46 peluang dia ciptakan dalam 32 penampilan (rata-rata 1,4 key pass per laga). Dari 45 itu, 12 di antaranya menjadi assist.

Di La Liga musim ini, dalam 11 penampilannya sebelum cedera, Messi sudah mengoleksi 4 assist dari 20 key pass yang dihasilkannya. 

4. Dribbling

Dribbling

Yang satu ini tak perlu dipertanyakan.

Dribbling skill Messi bukan sesuatu yang mudah dihadapi. Musim lalu, dia mencatatkan 122 dribel sukses dengan rasio 3,8 successful dribbles per game di La Liga dan 21 (rasio 1,9 per game) di Liga Champions.

Musim ini, dia bahkan sudah membukukan 46 dribel sukses dari 83 percobaan di kancah liga tertinggi Spanyol.

Ditunjang speed dan body balance yang mengagumkan, tak jarang Messi membuat lini belakang lawan berantakan dengan dribelnya, baik untuk menciptakan peluang maupun mencetak solo goal spesial seperti yang dilakukannya kala melawan Getafe pada April 2007 silam.

5. Holding on to the ball

Holding on to the Ball

Sesulit apa merebut bola dari kaki Messi? Coba tanyakan itu kepada mereka yang sudah pernah melawannya.

Para pemain Barcelona dikenal jago penguasaan bola. Messi termasuk salah satu yang teratas.

Dengan kemampuan holding on to the ball yang mumpuni, bola seolah lengket di kaki Messi. Meski di-press atau ditekel seperti apa pun, Messi hampir tak pernah melepaskannya.

6. Passing

Passing

Messi termasuk salah satu pass master di skuat Barcelona selain Xavi dan Andres Iniesta.

Dari musim 2009/10 hingga 2012/13, rata-rata pass success yang dicatatkan Messi di La Liga adalah 85,7%, 86,2%, 84,3% dan 85,2%.

Di La Liga musim ini, rasio operan akurat Messi telah menyentuh 83,7% (386 sukses/total 461) atau sedikit di bawah Neymar (84,7%).

7. Long Shot

Long Shot\

Untuk urusan shot power, Messi mungkin masih kalah dari beberapa pemain top lain yang ada di dunia sekarang. Namun, akurasi tembakan jarak jauhhnya tak perlu dipertanyakan.

Musim lalu, dari 46 gol yang ditorehkannya untuk Barcelona di La Liga, tujuh di antaranya tercipta dari luar kotak penalti, baik lewat long shot maupun eksekusi bola mati.

 

Musim ini, Messi sudah mencetak 16 gol bersama Barcelona di semua ajang. Dari 8 golnya di La Liga sejauh ini, satu dia ciptakan dengan long shot, yakni ketika Barcelona menang 2-0 di kandang Almeria pada 28 September 2013.


8. Finishing

Finishing\

Messi identik dengan gol.

Sederet rekor yang berhubungan dengan gol sudah pernah tercipta atas namanya. Sebut saja gol tandang terbanyak (34 gol) dalam satu musim La Liga pada 2012/13 atau hat-trick terbanyak dalam satu musim (8) pada 2011/12.

Guinness World Records untuk gol terbanyak (91) dalam satu tahun juga pernah disabetnya pada 2012 silam.

Sejak mengawali karier profesional pada 2004/05, Messi telah mengukir total 329 gol dalam 396 bersama Barcelona di semua ajang (via Wikipedia, per 9 Januari 2014).

Untuk Argentina, Messi sudah mengoleksi 37 gol dalam 83 penampilan.

Semua itu tak lepas dari satu keunggulan tekniknya yang bernama finishing.

Benar, Messi adalah penuntas peluang kelas dunia. Sebagian besar, bahkan hampir semua dari gol yang diciptakan Messi, dihasilkan oleh kaki kiri ajaibnya. Kebanyakan gol Messi pun termasuk top class.



 

0 komentar: