SILABUS
Mata Pelajaran :
Sejarah
Kelas : X
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
Kompetensi
Dasar
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Pengalaman
Belajar
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Bahan/Sumber/Alat
|
Mendeskripsikan
tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa
praaksara dan masa aksara
|
1. Cara masyarakat yang belum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya
·Melalui
dongeng, cerita, kisah yang disampaikan melalui kebiasaan bertutur.
·Melalui
kisah mitologi, penokohan seseorang yg
dianggap punya kelebihan dan dianggap keturunan dewa.
·Melalui
lukisan di dinding gua yang menggambar-kan situasi kondisi saat itu, atau
kondisi yang diharapkan dan kepercayaan awal.
2.
Tradisi sejarah pada
masyarakat sebelum mengenal tulisan.
· Mengenal pertunjukkan bayang-bayang sebagai wujud interaksi dengan arwah
roh nenek moyang.
|
§
Mendeskripsikan cara
masyarakat sebelum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya.
§
Mengidentifikasi tradisi
sejarah pada masyarakat masa praaksara.
§
Mengklasifikasi jejak sejarah
di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu dari berbagai daerah
di Indonesia.
§
Mengklasifikasi jejak sejarah
masa aksara pada prasasti, kitab-kitab kuno, manuskrip, dokumen, buku
sejarah.
|
§
Siswa bekerjasama dalam
kelompok.
§
Siswa mengeksplorasi sejumlah
dongeng dan mitos yang berkembang di masyarakat.
§
Siswa berdiskusi untuk
mengemukakan hasil kelompoknya.
§
Siswa mampu menyimpulkan
hasil diskusi.
§
Siswa dapat mengungkapkan
sikap dan perasa-annya terhadap topik bahasan.
|
§
Penilaian non tes. (performa
siswa dalam diskusi).
§
Tes tertulis
|
6 x 45
menit
|
§ Transparansi
§ Spidol transparan
§ OHP
§ Kertas lebar
§ Spidol
§ Folklore Indonesia (James Damandjaja)
§ Indonesian Heritage Vol. 3
§ Buku cerita rakyat
§ Gambar-gambar tradisi masyarakat masa lalu
|
·
Mengenal rasi bintang sebagai
petunjuk arah.
·
Mengenal cara-cara pembuatan
alat dari batu.
3.
Jejak sejarah di dalam
folklore, mitologi, legenda, upacara dan lagu dari berbagai daerah di
Indonesia.
4.
Jejak sejarah di dalam
prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Sejarah
Kelas :
X
Pertemuan Ke : 1 sampai dengan 6
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami prinsip dasar ilmu sejarah.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan tradisi
sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara dan masa aksara.
Indikator
:
|
·
Mendeskripsikan cara
masyarakat sebelum mengenal tulisan mewariskan masa lalunya.
·
Mengidentifikasi tradisi
sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan.
·
Mengklasifikasi jejak sejarah
di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu dari berbagai daerah
di Indonesia.
·
Mengklasifikasi jejak sejarah
di dalam prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah (masa aksara)
dari berbagai daerah di Indonesia.
|
Tujuan Pembelajaran : · Memahami tradisi sejarah dan
masyarakat bangsa Indonesia pada masa praaksara dan aksara.
·
Menghargai keagungan tradisi
sejarah bangsa.
·
Ikut menjaga kelestarian tradisi
sejarah bangsa.
Materi Ajar (Pokok) : Tradisi sejarah pada masyarakat yang belum mengenal
tulisan.
1. Cara masyarakat yang belum mengenal tulisan
mewariskan masa lalunya.
·
Melalui dongeng, cerita, kisah
yang disampaikan melalui kebiasaan bertutur.
·
Melalui kisah mitologi, penokohan
seseorang yang dianggap mempunyai kelebihan karena masih dianggap keturunan
dewa.
·
Melalui lukisan di dinding gua
yang menggambarkan situasi kondisi saat itu atau kondisi yang diharapkan dan
kepercayaan awal.
2.
Tradisi sejarah pada masyarakat
sebelum mengenal tulisan.
·
Mengenal pertunjukkan bayang-bayang sebagai wujud interaksi
dengan arwah roh nenek moyang.
·
Mengenal rasi bintang sebagai petunjuk arah.
·
Mengenal cara-cara pembuatan alat dari batu.
3.
Jejak sejarah di dalam
folklore, mitologi, legenda, upacara, dan lagu (masa praaksara) dari berbagai
daerah di Indonesia.
4.
Jejak sejarah di dalam
prasasti, manuskrip, kitab kuno, dokumen, buku sejarah (masa aksara) dari
berbagai daerah di Indonesia.
Metode Pembelajaran : · Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi kelompok
·
Presentasi / simulasi
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Pertemuan Kesatu :
a. Kegiatan Awal
·
Mempersiapkan gambar-gambar
yang berkaitan dengan topik bahasan.
·
Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, inti materi, aspek penilaian dan proses pembelajaran.
·
Guru menggali kemampuan awal
siswa dan sekaligus membangkitkan motivasi siswa untuk berpendapat sesuai
pengetahuan dan pengalamannya yang berkaitan dengan pemahaman tentang tradisi
sejarah.
·
Membagi siswa dalam 4 (empat) kelompok.
b.
Kegiatan Inti
·
Kelompok 1 ditugaskan untuk
mencari informasi yang berhubungan dengan cara-cara masyarakat pada masa
praaksara mewariskan masa lalunya disertai dengan contoh.
·
Kelompok 2 diberi tugas mencari
informasi tentang tradisi-tradisi sejarah pada masyarakat masa praaksara di
Indonesia.
·
Kelompok 3 ditugaskan mencari
informasi tentang sejumlah folklore, mitologi dan legenda di beberapa daerah di
Indonesia.
·
Kelompok diberi tugas mencari
informasi tentang jejak sejarah di dalam upacara dan lagu lagu daerah di
beberapa wilayah di Indonesia
·
Kelompok 5 diberi tugas mencari
informasi tantang jejak sejarah masa aksara dan dengan contohnya.
·
Waktu memanfaatkan pertemuan
hingga berakhir dan dilanjutkan di luar jam pelajaran sebagai tugas rumah.
Catatan :
·
Hasil diskusi tiap kelompok
dituliskan pada transparan jika ada atau pada kertas yang lebar.
·
Selanjutnya masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Setiap presentasi
kelompok, memberikan kesempatan kelompok yang lain untuk memberi respon,
bertanya, saran, masukan.
·
Presentasi tidak terlepas dari
arahan dan bimbingan dari guru.
·
Akhir setiap kegiatan inti
siswa diminta membuat kesimpulan atau catatan penting.
Pertemuan kedua
Kegiatan inti
·
Presentasi
dari kelompok 1.
·
Dilanjutkan dengan diskusi.
·
Tiap siswa membuat catatan
sendiri tentang informasi yang dianggap penting.
Pertemuan ketiga
Kegiatan inti
·
Presentasi
dari kelompok 2.
·
Dilanjutkan dengan diskusi.
·
Tiap siswa membuat catatan
sendiri tentang informasi yang dianggap penting.
Pertemuan keempat
Kegiatan inti
·
Presentasi
dari kelompok 3
·
Dilanjutkan dengan diskusi.
·
Tiap siswa membuat catatan
sendiri tentang informasi yang dianggap penting.
Pertemuan kelima
Kegiatan inti :
·
Presentasi
dari kelompok 4 dan 5.
·
Dilanjutkan dengan diskusi.
·
Tiap siswa membuat catatan sendiri
tentang informasi yang dianggap penting.
Kegiatan
Akhir :
·
Siswa secara bersama-sama
diberi kesempatan menyimpulkan tentang topik yang sedang dibahas dan guru hanya
membantu.
Pertemuan keenam
Ulangan harian.
Alat dan Sumber Belajar:
Sumber: Folklore
Indonesia James Danandjaja, Indonesia Heritage Vol. 3
Bahan: Transparansi,
Spidol transparans, OHP.
Alat: Buku cerita
rakyat, gambar-gambar tentang tradisi masyarakat masa lalu.
Penilaian:
a.
Penilaian Nontes
Model / contoh 1
Penilaian
terhadap tugas kelompok meliputi aspek:
§
Kebersamaan dalam kerja
kelompok
§
Keakuratan isi laporan
§
Kerapihan tulisan
§
Kecepatan membuat laporan
kelompok
§
Performa pada saat presentasi.
Catatan : skala penilaian 1 – 4 Kriteria
Penilaian
4 : sangat baik 21
– 25 : A
3 : baik 16
– 20 : B
2 : kurang baik 11
– 15 : C
1 : tidak baik 6 – 10 : D
1 – 5
: E
Model / contoh 2
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Deskripsi Kemampuan
|
1.
|
Slamet
|
A
|
Aktif dalam diskusi kelompok, bicara cukup
lancar, alasan yang dikemukakan logis, tidak menang sendiri.
|
2.
|
dan seterusnya
|
||
3.
|
dan seterusnya
|
Keterangan:
1. Nilai bisa dengan huruf : A, B, C, D.
Atau angka : < 65, 66 – 79,
80 –100
2. Deskripsi kemampuan berisi tentang uraian
kemampuan yang dicapai siswa.
3. Siswa dalam satu kelas secara umum dapat
dibagi dalam 3 kemampuan yaitu kemampuan lebih, normal, dan kurang. Siswa yang
berkemampuan lebih perlu ditindaklanjuti dengan pemberian pengayaan, sedangkan
yang berkemampuan kurang perlu mendapat remediasi, dan yang berkemampuan
normal/sedang biasanya jumlahnya lebih banyak diberi motivasi agar dapat
meningkat prestasinya.
Model / contoh 3
No
|
Aspek
yang dinilai
Nama Siswa
|
Keaktifan menggali sumber
|
Kemampuan bekerjasama
|
Keaktifan bertanya
|
Akurasi pertanyaan
|
Kemampuan verbal
|
Kemampuan menang-gapi
pertanyaan
|
Akurasi penulisan
laporan
|
Jumlah Nilai
|
1
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
Dst.
|
Catatan:
Skala Penilaian 1 – 4 Kriteria
Penilaian
4 : sangat aktif 23
– 28 : A
3 : aktif 20
– 23 : B
2 : kurang aktif 16
– 19 : C
1 : tidak aktif 12
– 15 : D
7 – 12 : E
D
dan E perlu bimbingan
b.
Penilaian Tes
Esai
1. Tuliskan 3 (tiga) cara masyarakat masa praaksara
mewariskan masa lalunya?
2. Berikan contoh minimal 3 tentang tradisi
masyarakat praaksara!
3.
Jelaskan apa maksud dari
istilah di bawah ini dan berikan contohnya !
a.
Folklore
b.
Mitologi
c.
Legenda
d.
Upacara
e.
Lagu
4.
Jelaskan apa maksud dari
istilah berikut dan berikan contoh!
a.
Manuskrip
b.
Kitab Kuno
c.
Dokumen
d.
Buku-buku Sejarah (tradisional
dan modern)
5. Seandainya kamu menemukan benda asing mirip peninggalan sejarah apa yang
akan kamu lakukan?
6.
Bagaimana sikap dan pendapatmu
tentang generasi muda Indonesia yang kurang mempelajari/menggemari budaya
tradisi asli Indonesia?
0 komentar: